Monday, January 26, 2009

Aceh Competition 09

 

Dari Aceh Blogger.. Ada Info Menantang Buat Blogger.....Khususnya Blogger NAD

clip_image002

Latar Belakang

Setelah sukses dengan Pesta Blogger 2008 yang lalu, kini semangat para blogger tanah air semakin terasa sampai ke pelosok-pelosok daerah khususnya untuk daerah Aceh sendiri telah terbentuk sebuah komunitas yang sekarang bernama Aceh Blogger Community (ABC).

Lahirnya ABC setahun yang silam tepatnya 27 Oktober 2007 sampai saat ini telah sedikit membuka wacana baru untuk sebuah komunitas blogger dalam mengembangkan semangat blogging bagi seluruh masyarakat tanah rencong terutama dalam bidang edukasi. Tepat tanggal 1 November 2008 yang silam, ABC juga telah mendeklarasikan sebagai Hari Blogger Aceh atau dikenal dengan Aceh Blogger Days yang diperingati dengan pelatihan blogging gratis bagi kalangan masyarakat umum dan siswa/i SMA Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

Tidak hanya itu, kini Aceh Blogger Community pun mendapat dukungan dan respon dari berbagai pihak termasuk salah satunya adalah komunitas aktivis Linux Aceh (KLPI) yang tergabung dalam Aceh Linux Activist (diharapkan sudah ditambahkan deskripsi KLPI Aceh).

Atas dasar dan dukungan yang saling sinergi tersebut, maka pada tahun baru 2009 ini dengan sedikit semangat dan harapan baru, ABC dan KLPI Aceh bekerjasama dalam mengangkat sebuah kegiatan yang bertemakan “Blogging of Open Source for Education” dengan mengusung sebuah acara yang diberi nama Aceh Competition 2009.

Tujuan

Acara Aceh Competition 2009 diusungkan dengan tujuan yakni :

  1. Memberikan bekal dasar bagi seluruh masyarakat luas Aceh dalam mengenal sistem informasi yang ada.
  2. Memberikan gambaran umum perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih dengan harapan masyarakat Aceh melek IT.
  3. Meningkatkan minat masyarakat untuk dalam penggunakan aplikasi yang berbasis Open Source.
  4. (tambahkan bila perlu mungkin dari kawom KLPI menyoe na)

Konsep Acara

Untuk bentuk dan konsep acara Aceh Competition 2009 sendiri memiliki dua kolaborasi yang berbeda antara blogging dan linux. Berikut ini adalah 4 bentuk bentuk jenis acara yang kami tampilkan dengan sedikit gambaran dan deskripsi untuk masing-masing acara sehingga memudahkan khalayak umum dalam memahaminya:

l Pelatihan Blog, Linux + (Web - optional)

a. Pelatihan Dasar nge-Blog

Dalam sesi nge-blog ini akan dikenalkan media apa itu blog, cara membuat blog, pengelolaan blog serta keterampilan lainnya dalam dunia blogging dengan semangat GO-BLOG Society.

b. Basic Linux

Untuk basic linux lebih ditekankan dalam proses cara berinteraksi dengan OS Linux, aplikasi yang dimiliki oleh Linux serta kostumasi atau konfigurasi dan kegunaannya bagi kalangan masyarakat yang berbasis open source.

c. Perkenalan Web

Web merupakan tingkat lanjut dari seorang blogger untuk membuat situs pribadi yang mempunyai domain sendiri dan juga hosting sendiri yang dikelola sepenuh oleh si pembuat blog tersebut dengan memanfaatkan Content Management System (CMS).

l Lomba Blogging, Linux Desktop + Web Hacking

Perlombaan ini berlangsung sebelum acara puncak di mulai, dengan berbagai pilihan diantaranya:

d. Lomba desain Blog dan juga isinya dengan tema-tema yang ditentunkan oleh panitia yakni ”Pendidikan Aceh pasca 4 tahun Tsunami”, ”Kisah-kisah Tsunami”, ”Penerapan Syari’at Islam” serta ”Perdamaian Aceh”.

e. Lomba Linux Desktop adalah unjuk gigi dari para linuxer baik pemula atau beginner dalam memamerkan kelebihan yang ada dari aplikasi yang dimiliki oleh Linux seputar aplikasi perkantoran, network, games, animation effect dan hardware support.

f. Hacking Web (tolong deskripsikan yang lebih menjurus dan mudah dimengerti seperti yang ada konsep awal bisa)

l Exhibition Distro, Software dan Notebook

Dalam pameran ini kita mengajak pihak-pihak yang mau bekerjasama untuk mempromosikan atau mem-publish produk yang mereka punya baik dari para blogger komunitas ABC dan KPLI serta produk-produk IT dengan inovasi lain yang bisa dilihat dan disaksikan oleh umum.

l Seminar IT

(masih bingung om, belum sempat oprek agenda pesta blogger 2008 kemarin, semoga bisa diadaptasi setidaknya seperti pembicara Abe Putra, Onno W Purbo, Owner ABC, Activist Linux Blogger, praktisi IT yang ada di Banda Aceh, LSM Air Putih)

- Blog dan Penggiat Open Source (breakout session)

- Jadi Blogger Itu Enak (breakout session)

- Peran Blog bagi Masyarakat Aceh (Diskusi)

- Open Source dalam Dunia Pendidikan Aceh (Diskusi)

Target Peserta

Seluruh kalangan masyarkat umum, mahasiswa, siswa dan berbagai pihak baik instansi pemerintahan atau swasta dengan ketentuan tempat yang terbatas. (bisa dikembangkan lagi)

Ketentuan Acara

Ini hanya berlaku pada kegiatan yang bersifat perlombaan khususnya Blogging, Linux Desktop dan Hacking Web.

Ketentuan Umum Lomba

1. Lomba terbuka untuk umum

2. Peserta lomba adalah masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam

3. Peserta bebas menggunakan hosting-hosting blog gratis: Nanggroe.com, Blogger.com, WordPress.com, Multiply.com dan layanan lainnya atau menggunakan hosting berbayar.

4. Peserta hanya diperkenankan mendaftarkan 1 (satu) alamat/URL blog saja

5. Peserta bebas berkreasi untuk mengembangkan tema lomba sejauh tidak dimaksudkan untuk menyerang pribadi, mengeksploitasi pornografi atau memicu konflik SARA dan kekerasan

6. Blog yang memuat hal tersebut diatas (poin 5) dengan sangat menyesal akan kami disqualification/pembatalan keikutsertaannya dilomba Aceh Competition 2009.

7. Entri blog pemenang lomba sepenuhnya menjadi milik panitia. Blog yang terpilih akan dikelola menjadi portal lingkungan situs Pemerintah Daerah Nanggroe Aceh Darussalam (www.nad.go.id) dibawah agregasi Aceh Blogger Community.

8. Bagi bloger aktif yang berminat untuk berpartisipasi, posting dimuat dalam satu katagori khusus dengan menggunakan tags ac09 dan acehcompetition09.

Ketentuan khusus lomba

1. Isi atau konten blog peserta bersifat terbuka (publik view) dan tidak menggunakan registrasi/login reader.

2. Isi blog dibatasi hanya pada tema yang disediakan oleh panitia

3. Blog memuat minimal 5 artikel dengan/atau tanpa gambar/foto dengan menggunakan tags ac09 dan acehcompetition09.

4. Bahasa yang digunakan sebagai pengantar adalah Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Aceh

5. Setiap blog wajib memasang banner atau logo Aceh Competision 2009 di blog masing-masing. Banner dapat diambil/diunduh di http://acehblogger.org.

6. Peserta yang mendaftar akan mendapatkan nomor ID dari panitia yang wajib dicantumkan di akhir postingan.

Penilaian

1. Karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan secara online.

2. Kesesuaian isi dengan tema yang diberikan oleh panitia.

3. Isi valid dan tidak sebatas karangan semata.

4. Kreasi desain dan tata letak serta pemanfaatan feature yang ada di blog.

Susunan Kepanitiaan

Ketua Pelaksana Bersama :

Sekretaris :

Bendahara :

Penanggung jawab Pelatihan & Perlombaan Blog :

Anggota :

Penanggung jawab Pelatihan & Perlombaan Linux :

Anggota :

Penanggung jawab Exhbition/Pameran & Seminar IT :

Anggota :

Penanggung jawab Sponsorhip & Media Partnership :

Anggota :

Penanggung jawab Publikasi & Dokumentasi :

Anggota :

Penanggung jawab Tempat & Perlengkapan :

Anggota :

Penanggung jawab Publikasi & Dokumentasi :

Anggota :

Waktu & Tempat Pelaksanaan

Lomba Blogging, Linux Desktop + Web Hacking

Tanggal : .... Januari 2008

Pukul : 09.00 WIB – 16.00 WIB

Tempat : Banda Aceh

Keterangan : Hari H-7

Pelatihan Blog, Linux + (Web - optional)

Tanggal : .... Februari 2008

Pukul : 09.00 WIB – 12.00 WIB

Tempat : Banda Aceh

Keterangan : Hari H

Exhibition & Seminar IT

Tanggal : .... Februari 2008

Pukul : 13.00 WIB – 16.00 WIB

Tempat : Banda Aceh

Keterangan : Hari H

Hadiah Pemenang

Untuk para pemenang hanya diperhitungkan dalam 3 besar, yakni untuk perlombaan Blogging, Linux dan Web Hacking.

1. Uang Tunai + Trophy + Sertifikat

2. Uang Tunai + Trophy + Sertifikat

3. Uang Tunai + Trophy + Sertifikat

Total pemenang dalam perlombaan adalah 9 orang untuk 3 kategori perlombaan.

TEKNIS PELAKSANAAN PELATIHAN DAN PERLOMBAAN BLOG

Untuk pelatihan blog masih bisa menggunakan ketentuan teknis yang lalu, yakni pada saat pelatihan blogging gratis dalam rangka Aceh Blogger Days. Dalam sesi ini mungkin akan diarahkan para peserta lebih memahami tahap pra-blogging dan sampai dalam blogging tingkat lanjut.

Beberapa hal sebagai poin utama untuk pelatihan blog harus dicapai/terlaksana:

1. Mempunyai akses ke internet (pra-blogging)

2. Mempunyai alamat surat elektronik atau email (pra-blogging)

3. Mempunyai minat dan niat untuk belajar ilmu blogging (pra-blogging)

4. Menjelaskan awal mula/sejarah blog

5. Manfaat dan kegunaan blog untuk saat globalisasi

6. Jenis-jenis blogging yang ada saat ini (photoblogging, mobile blogging, news blogging, online diary, etc)

7. dll

Sedangkan untuk perlombaan blog, ketentuan pelaksanaan sesuai dengan konsep acara yang kesemuanya diambil peran oleh panitia blogging. Tema awal yang sudah ada untuk semua peserta lomba adalah :

1. ”Pendidikan Aceh pasca 4 tahun Tsunami”,

2. ”Kisah-kisah Tsunami”,

3. ”Penerapan Syari’at Islam”, dan

4. ”Perdamaian Aceh”

Untuk persyaratan perlombaan disesuaikan juga seperti pada ketentuan acara sub ketentuan khusus lomba. Dimulai dari beberapa proses awal, seperti:

- Registrasi peserta lomba blog (free/charge)

- Mendapat nomor registrasi bagi peserta

- Pelaksanaan blogging peserta terhitung sejak tanggal ditetapkan panitia (1 pekan) sebelum hari H pelaksanaan Aceh Competition 2009.

- Selama hari pelaksaan (1 pekan) blogging dewan juri melakukan penilaian (lihat Ketentuan Acara sub Penilaian)

- Bahasa yang digunakan untuk muatan tulisan hanya dua yakni bahasa Aceh dan bahasa Indonesia.

- Tulisan yang dimuat minimal 5 dengan judul yang berbeda.

- Peserta wajib menempatkan banner/logo acara Aceh Competition 2009 dan tags ac09 dan acehcompetition09.

- Dewan juri memantau perkembang dari setiap blog ya ada (tulisan+ejaan, tampilan/layout, interaktif, features, widget, dll)

- Dewan juri melakukan kalkulasi penilaain minimal H-1 sebelum acara Aceh Competition 2009.

- Dll bila masih diperlukan tambahan.

Pendaftaran peserta bisa melalui email ke ac09@yahoo.com atau mendatangai langsung ke sekretariat panitia Aceh Competition 2009 di Jl. Banda Aceh (Kantor Aceh Linux Activist).

clip_image003

Email yang dikirim harus dilengkapi dengan subject [acehcompetition2009]. Nomor registrasi akan diberikan setelah anda mendaftar baik langsung atau online (reply via email).

Tuesday, January 20, 2009

USB 2.0 Hi-Speed dan USB Super Speed 3.0

By : Irham Anshar

Ngomong - ngomong Soal Flash Disk, ternyata ada Informasi  terbaru mengenai USB terbaru Super Speed, yaitu USB 3.0. image

USB 3.0 telah didemonstrasikan oleh Intel ternyata kecepatannya 10 kali lebih cepat dari USB 2.0 yang kita kenal dengan Hi-Speed dengan kecepatan sebesar 1.5 Mbps untuk low-speed, full-speed sebesar 12 Mbps dan high-speed sebesar 480 Mbps dan dibandinkan dengan kecepatan teknologi USB 3.0 USB 3.0 ini bisa menyalurkan data dengan kecepatan maksimal 5 Gigabit per detik. Canggih ya....:-) Meskipun USB 3.0 merupakan teknologi baru tapi masih menggunakan kabel yang tidak berbeda dengan USB 2.0 atau kompatibel dengan versi sebelumnya. Hal ini menjadi penting karena 2 milyar perangkat USB telah diedarkan pada tahun 2006 saja.

Kalo sudah cepat berarti banyak menghemat waktu, dan power yang intinya dapat lebih memudahkan human race dimuka bumi. itulah technologi!!

Nah, soal Kapan beredarnya USB 3.0  diperkirakan dipertengahan 2009, dan Tekhnologi terbaru USB 3.0 ini mungkin akan bisa kita miliki ditahun 2010. Kita tunggu saja ya.....

Tips 2 untuk USB Flash Disk yang tidak muncul pada Windows Explorer

By : arma guspia

Melanjutkan tulisan pertama,bila solusi pertama masih belum dapat mengatasi masalah dan USB Flash disk tetap tidak muncul pada windows eksplorer.

Kasus :
OS [Operating System] yang digunakan Windows XP sp2;
Pengecekan pada Device Manager USB flash disk bekerja normal.

Indikator :
USB Common dialog Eject[ Tanda Panah hijau active-port USB di Systray] sudah muncul namun keterangan huruf DRIVE tidak ada saat di buka/jalankan.
Drive USB Flash disk tetap tidak muncul baik pada windows explorer maupun File Dialog.

Analisa awal :
Hal ini dimungkinkan karena adanya mapping drive jaringan yang dedicated/permanen pada konfigurasi jaringan, memang jarang terjadi namun hal seperti ini juga pernah saya alami.

Solusi :

  1. Unplug/lepaskan USB Flashdisk anda ;
  2. Restart dulu komputer anda, untuk mengkonfigurasi kembali semua Drive ;
  3. Bukalah Windows Explorer ;
  4. Lihatlah Folder Tree Drive yang ada [A-Z] ;
  5. Bila anda mempunyai MAPPING Drive yang terhubung dalam jaringan lakukan disconnect MAP-Drive yang dekat dengan Drive Hardisk dan CD/DVD misal Drive E:/ F:/ dan G:/ .
    Disconnecting Drive : Klik kanan pada Drive lalu pilih Disconnect yang muncul pada pop-up menu.
  6. Setelah itu pastikan semua drive selain Drive Hardisk dan CD/DVD dalam keadaan Disconnect ;
  7. Tancapkan Flash Disk pada PORTnya ;
  8. Selamat mencoba semoga tulisan tambahan ini berguna.

Melanjutkan tulisan pertama,bila solusi pertama masih belum dapat mengatasi masalah dan USB Flash disk tetap tidak muncul pada windows eksplorer.

Kasus :
OS [Operating System] yang digunakan Windows XP sp2;
Pengecekan pada Device Manager USB flash disk bekerja normal.

Indikator :
USB Common dialog Eject[ Tanda Panah hijau active-port USB di Systray] sudah muncul namun keterangan huruf DRIVE tidak ada saat di buka/jalankan.
Drive USB Flash disk tetap tidak muncul baik pada windows explorer maupun File Dialog.

Analisa awal :
Hal ini dimungkinkan karena adanya mapping drive jaringan yang dedicated/permanen pada konfigurasi jaringan, memang jarang terjadi namun hal seperti ini juga pernah saya alami.

Solusi :

  1. Unplug/lepaskan USB Flashdisk anda ;
  2. Restart dulu komputer anda, untuk mengkonfigurasi kembali semua Drive ;
  3. Bukalah Windows Explorer ;
  4. Lihatlah Folder Tree Drive yang ada [A-Z] ;
  5. Bila anda mempunyai MAPPING Drive yang terhubung dalam jaringan lakukan disconnect MAP-Drive yang dekat dengan Drive Hardisk dan CD/DVD misal Drive E:/ F:/ dan G:/ .
    Disconnecting Drive : Klik kanan pada Drive lalu pilih Disconnect yang muncul pada pop-up menu.
  6. Setelah itu pastikan semua drive selain Drive Hardisk dan CD/DVD dalam keadaan Disconnect ;
  7. Tancapkan Flash Disk pada PORTnya ;
  8. Selamat mencoba semoga tulisan tambahan ini berguna.

Tips untuk USB Flash Disk yang tidak muncul pada Windows Explorer

By :arma guspia

Kasus : USB Flashdisk (UFD) tidak muncul pada Windows Explorer
Kasus ini memang jarang terjadi, di mana tampilan drive untuk UFD terblok oleh drive lain yang sebenarnya tidak aktif, sehingga komputer tidak bisa melakukan read-write ke dalam USB Flashdisk.

Indikator :

  • UFD sudah terpasang pada port USB
  • Tanda Panah hijau active-port USB juga sudah muncul di Systray [tempat di pojok kanan bawah]
  • Pada Wndows Explorer tidak ada drive sebagai Removable Drive atau nama/identitas UFD yang sudah plug-in.

Solusi :

  1. Klik 2 kali Panah hijau [eject] pada systray
  2. Lihatlah tulisan dibelakang drive biasanya di dalam kurung (E:) / (F:) / (G:) / (H:) dst
  3. Maka buka saja di Explorer sesuai dengan keterangan yang muncul di Common dialog Eject diatas.

Thursday, January 15, 2009

Jenis - Jenis Affiliasi

Share this post :

Setelah mempelajari apa dan bagaimana affiliasi itu, dan istilah - istilahnya kali ini saya akan memberikan informasi tentang jenis - jenis Affiliasi,

Pada dasarnya ada 3 jenis program affiliasi : Pay-Per-Sale, Pay-Per-Lead dan Pay-Per-Click. Selanjutnya dibedakan lagi berdasarkan komisi yang dibayar, yakni Flat-Fee based atau Commission-based. Ada lagi jenis yang membedakan berdasarkan bagaimana program tersebut mengelola affiliate yang datang membawa affiliate baru, yang dibagi menjadi Single-Tier, Two-Tier dan Multi-Tier. Setiap jenis program affiliasi memiliki keunggulan dan kekurangannya

Commission-based Affiliate Programs
Sampai saat ini program jenis ini adalah bentuk yang paling banyak. Dan hampir selalu berupa program Pay-Per-Sale, yaitu mereka memberikan persentase komisi yang besarnya telah ditentukan untuk setiap pendapatan dari penjualan produk atau jasa kepada pengunjung yang berasal dari situs atau blog anda.
Beberapa program affiliasi memberikan insentif bagi webmaster yang produktif dalam bentuk komisi yang semakin besar untuk penjualan yang lebih besar, atau berupa bonus atau hadiah. Banyak program affiliasi yang beroperasi dengan persentase komisi flat (tetap) berapa besarpun penjualan anda. Ada juga program affiliasi yang beroperasi memberi “penalti sukses” dengan cara memotong atau mengurangi komisi apabila affiliatenya melampaui jumlah pendapatan bulanan tertentu (misalnya sebuah program affiliasi hanya membayar komisi maksimum $500 per bulan per affiliate). Selalu baca baik-baik Perjanjian Affiliasi sebelum menjalankan program affiliasi agar anda terhindar dari jeratan yang tak diinginkan.
Klik disini untuk melihat keunggulan dan kekurangan program affiliasi berbasis komisi

Affiliate Programs basis Flat-Fee (pay-per-lead dan pay-per-sale)
Meskipun kurang populer dibanding program affiliasi berbasis komisi, banyak juga program affiliasi yang beroperasi dengan basis flat-fee. Inti dasarnya adalah program ini akan membayar anda sejumlah uang yang besarnya tetap untuk setiap pengunjung yang sedikitnya melakukan pembelian atau bentuk transaksi lain pada situs merchant tanpa memandang jumlah atau nilai transaksi tersebut.
Contoh program yang ditawarkan misalnya “US$10 per new customer” atau “US$5 per order”, atau mereka bisa saja membuat struktur fee yang rumit bergantung pada jenis produk atau jasa yang mereka jual dan berapa banyak penjualan affiliate tersebut satu bulan.
Sebagian program flat-fee berbasis pay-per-sale, artinya, pengunjung yang anda bawa harus benar-benar membeli dan membayar produk atau jasa mereka baru anda mendapat komisi. Program yang lain berbasis flat-fee, misalnya bidang pinjaman, kredit dan asuransi biasanya beroperasi pada basis pay-per-lead. Untuk setiap lead yang sah yang anda bawa, anda berhak mendapat fee. Kriteria keabsahan sebuah lead bervariasi mulai dar “pengunjung memasukkan nama dan alamat email” hingga “pengunjung melengkapi formulir survey dan membalas tindak-lanjut via telepon”.
Klik disini untuk mendapatkan keunggulan dan kekurangan program affiliasi basis flat-fee.

Program Pay-per-click
Program affiliasi jenis Pay-Per-Click membayar sejumlah kecil uang untuk setiap pengunjung yang dikirim ke sebuah situs tertentu. Nilainya bervariasi antara $0.01 hingga $0.20 atau lebih per setiap pengunjung.
Sebagian program jenis ini membayar hanya berdasarkan second-page-click, yaitu anda hanya akan dibayar apabila pengunjung yang anda bawa mengklik salah satu link yang ada pada halaman-tiba dari laman situs anda. Selalu pastikan membaca secara menyeluruh setiap program yang akan anda maski untuk memastikan apakah anda dibayar berdasarkan first-page-click atau second-page-click karena ini sangat mempengaruhi potensi pendapatan anda. Biasanya, persyaratan second-page-click mengurangi pendapatan anda sebesar 75%-90% dibanding program first-page-click.

Klik disini untuk mendapatkan keunggulan dan kekurangan program affiliasi pay-per-click.

Single-tier Affiliate Programs
Single-tier affiliate programs , pada intinya, menawarkan program yang memberikan penghargaan untuk transaksi langsung, yakni transasksi yang dihasilkan oleh affiliatenya. Tidak ada kompensasi untuk membawa affiliate baru. Program affiliasi type ini cocok untuk semua bentuk situs, pendapatan anda seluruhnya bergantung pada kemampuan anda melakukan “pra-jual” produk atau jasa yang anda tawarkan, berapa banyak pengunjung yang anda bawa kirim ke situs merchant, dan seberapa baik anda mengubah mereka agar menjadi sumber pendapatan bagi situs anda.
Two-tier Affiliate Programs
Two-tier affiliate programs menghargai affiliatenya dengan dua cara : mereka menghargai transaksi yang terjadi langsung oleh affiliate tersebut, namun mereka juga memiliki sistem yang memberi penghargaan bagi affiliatenya untuk membawa affiliate baru untuk bergabung dalam program mereka. Inilah bagian “tier-kedua” dari program affiliasi two-tier.
Pembayaran untuk second-tier dapat berupa commission-based maupun flat-fee based. Misalnya, sebuah program affiliasi membayar affiliatenya komisi 20% untuk setiap transaksi yang mereka buat langsung, ditambah dengan 5% dari total pendapatan affiliate yang mendaftar melalui situs affiliate tersebut (tentu 5% dari 20% komisi setiap affiliate). Ada juga yang membayar flat untuk setiap affiliate baru yang kita bawa dengan bentuk tawaran seperti “ $10 bonus for each new affiliate you refer that produces at least US$25 in sales”.
Jenis program affiliasi two-tier ini baik bagi affiliate yang yakin mampu merekruit affiliate lain yang produktif. Namun, agar waspada terhadap program affiliasi yang lebih menekankan pendapatan dengan dari perekrutan affiliate lain ketimbang pendapatan melalui penjualan – artinya, orang lain yang harus melakukan penjualan. Juga harus dicurigai terhadap program yang membayar komisi first-tier sangat rendah namun membayar sangat tinggi untuk komisi second-tier.

Multi-tier Affiliate Programs
Multi-tier affiliate programs menghargai affiliate yang mendaftarkan affiliate baru dengan cara bertingkat. Dengan kata sederhana, anda mendaftarkan si Budi, dan Budi mendaftarkan si Siti dan Siti mendaftarkan si Joko, dan anda akan mendapat persen komisi dari pendapatan si Budi, pendapatan si Siti dan pendapatan si Joko. Model program ini sangat mirip dengan program multi level marketing (MLM). Dan ini sangat TIDAK dianjurkan disini.

Sebuah affiliate program dapat dimasukkan kedalam semua jenis kategori diatas. Misalnya, sebuah program affiliasi bisa menjalankan program single-tier pay-per-click, sementara program lain menjalankan program two-tie pay-per-lead. Dan bisa juga berbentuk hybrid, yaitu dengan menggabungkan beberapa type sistem pembayaran kedalam satu program affiliasi. Misalnya, sebuah program affiliasi membayar rendah untuk setiap lead, ditambah komisi yang besar untuk per-sale terhadap lead tersebut untuk menjadi pelanggan dalam selang waktu tertentu.

Istilah - Istilah Dalam Affiliasi

Share this post :

Dalam menekuni bisnis internet marketing, atau cari duit melalui internet, kita akan banyak menemui istilah (dalam Bahasa Inggris) yang perlu dipahami terlebih dahulu. Istilah-istilah ini akan sering muncul apabila kita hendak menjalankan program affiliasi.

Dibawah ini akan dijelaskan pengertian dari istilah yang paling sering ditemui.

Advertiser - Ini adalah rantai awal sebagai sumber pendanaan usaha periklanan di internet. Bisa berupa perusahaan yang menjual produk, jasa atau bahkan website.

Affiliate - Seseorang atau sebuah website berupa tempat dimana pengguna datang dan melihat tampilan iklan. Lihat juga pengertian Web Publisher.

Affiliate Marketing – Berperan sebagai perwakilan untuk menciptakan/menghasilkan tindakan tertentu bagi website lain. Sebuah web publisher biasanya dianggap sebagai sebuah affiliate dari Advertiser (Pengiklan). Tindakan yang tercipta bisa berupa mengirimkan pengunjung ke sebuah website lain, hingga terciptanya transaksi penjualan pada sebuah website. Salah satu penemu program affiliate marketing adalah Commission Junction, dimana advertiser dan publisher bertemu sehingga tercipta platform untuk berinteraksi diantara mereka. Kebanyakan interaksi dan peluang yang tercipta antara advertiser dengan publisher berbasis CPA.

Autoresponder - Autoresponder adalah sepotong software yang secara otomatis membalas sebuah pesan email dengan cara mengirim surat balasan yang telah tersedia dan telah disusun mengandung gambar, teks, file PDF, dll. Aweber dan GetResponse adalah contoh penyedia jasa autoresponder terbaik saat ini.

Banner (ad) - Banner adalah iklan grafis, umumnya berukuran 468×60 pixel (namun saat ini sudah banyak ditemukan banner yang tidak berukuran standard). Sebenarnya banner adalah bentuk awal advertising web yang sampai saat ini masih digunakan oleh website, meskipun akhir-akhir ini popularitasnya sudah mulai menurun, dan telah banyak digantikan oleh bentuk advertising lain seperti text ads dan iklan yang disamarkan kedalam konten yang terbukti sangat ampuh meningkatkan CTR (Click Through Rate).

Click Through Rate/Ratio (CTR) - Sebuah angka perhitungan yang didefinisikan sebagai jumlah klik dibagi dengan tampilan (impressions), biasanya berupa persentase, untuk menciptakan “click-through” ( “membujuk” seorang pengunjung untuk mengklik link yang disediakan oleh pemasang iklan). Dengan kata lain, bila dibutuhkan 20 tampilan (impression) iklan untuk menghasilkan satu click-through, maka CTR adalah 5%.

Conversion - Ini adalah istilah menujukkan jumlah pengunjung (user) website yang melakukan aksi/tindakan yang disyaratkan dalam CPA.

Conversion Rate - Sebuah angka perhitungan yang didefinisikan sebagai jumlah conversion dibagi dengan jumlah tampilan (impressions). Biasanya berupa persentase.

Cookie - Sebuah program kecil yang diberikan oleh website publisher ke komputer pengunjung (user) untuk memonitor tindakan yang diambil user tersebut, sebagai dasar catatan dan perhitungan dalam proses periklanan internet.

Cost Per Action (CPA) – Biaya yang dibayarkan oleh Advertiser apabila sebuah aksi/tindakan yang sebelumnya disepakati, terjadi. Tergantung bentuk aksi/tindakan yang disepakati, resiko paling besar ditanggung oleh Publisher dan resiko paling kecil ditanggung oleh Advertiser (karena Advertiser tahu persis apa yang akan dibayar dan hanya akan membayar untuk aksi/tindakan tertentu saja).

Cost Per Click (CPC) - Advertisers akan melakukan pembayaran apabila seorang pengunjung meng-klik sebuah iklan. Iklan berbasis CPC memberi beban resiko pada Publisher, karena mereka akan dibayar hanya apabila pengunjung mereka meng-klik iklan. Satu publisher bisa saja menghasilkan jutaan impressions (tampilan iklan) tanpa menghasilkan apapun bila pengunjung tidak meng-klik iklan di website mereka. Beberapa program iklan berbasis CPC yang baik adalah Google Adsense, Bidvertiser dan Adbrite. CPC dimaksudkan sebagai harga/biaya yang timbul apabila seorang mengklik sebuah iklan (banner, text atau bentuk iklan lain) dan beralih ke situs lain melalui sebuah link. Sebuah program affiliasi memberi bayaran yang kecil untuk setiap click-throuh yang mengirimkan pengunjung ke situs tujuan melalui sebuah link affiliasi.

Cost Per Lead (CPL) - Dimasukkan sebagai bagian dari CPA, dimana aksi/tindakan yang dilakukan pengunjung berupa mengisi formulir isian, mendownload sesuatu atau memasang program trial. Publisher dibayar apabila pengunjung yang dikirim melakukan tindakan diatas. Lihat definisi CPA.

Cost Per Thousand (CPM) - M itu berasal dari huruf Romawi untuk angka 1000. Ini adalah bentuk paling mendasar untuk mengukur tampilan iklan internet, yaitu harga untuk menampilkan 1000 iklan bentuk apapun (banner, text atau bentuk lain yang bisa ditelusuri). Pengiklan membeli impresi (tampilan) dari penerbit (publisher) dan membayar berdasarkan “per seribu” tampilan. Misalnya, seorang pengiklan membeli 1.000.000 tampilan iklan pada harga $10 CPM, maka jumlah pembelian adalah $10.000. Program CPM adalah cara beriklan paling menguntungkan bagi publisher karena tidak ada resiko; dimana resiko berada pada pihak advertiser (mereka membayar tanpa memandang apakah pengunjung melakukan tindakan tertentu atau tidak). Biasanya CPM ini dipakai publisher untuk mengukur mana yang paling menguntungkan dari dua affiliate program.

Cost Per Sale (CPS) - Lihat definisi CPA. Dimana publisher akan mendapat bayaran berupa komisi atas pembelian yang dilakukan oleh pengunjung yang kita kirim ke advertiser. Bisa berupa nilai nominal uang atau persentase dari nilai transaksi pembelian.

EPC - EPC adalah singkatan dari Earnings Per (100) Clicks. Masing-masing program affiliasi memiliki pengertian yang berbeda tentang EPC. Misalnya, Commission Junction mengartikan EPC sebagai “average per SERATUS click”, sementara network lain mengartikannya sebagai “average earnings per SATU click”. Mohon agar dipastikan benar sebelum mengikuti program affiliasi tertentu. EPC dapat dihitung dengan membagi komisi yang didapat dengan jumlah klik yang diperlukan untuk menghasilkan komisi tersebut. Untuk lebih pastinya anda dapat melakukan perhitungan disini.

FAQ - Adalah singkatan dari Frequently Asked Questions. Biasanya disedikan oleh sebuah website untuk mengantisipasi pertanyaan paling sering diajukan beserta dengan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Biasanya FAQ berisi informasi yang berhubungan dengan problem-solving dan informasi lebih lanjut.

Hit - Ini adalah istilah yang paling sering disalah-mengerti dalam pengukuran web traffic. Sebuah “hit” tercatat setiap web browser membuat request untuk sebuah informasi, misalnya code HTML yang membentuk web tersebut atau grafik yang ada pada web tersebut. Sebuah hit dicatat untuk setiap elemen yang ada pada sebuah laman, misalnya akan tercatat 31 hit saat SEKALI me-loading laman yang mengandung 30 grafik (HTML + 30 element grafik= 31 hit). Hit adalah cara pengukuran yang selalu didengungkan untuk membuat sebuah web site terdengar “menakjubkan”. (misalnya, “Our new site got a million hits last month!” - dimana mereka tidak mencantumkan bahwa tiap laman website tersebut mengandung 100 grafik!)

Impression – Tindakan menampilkan sebuah iklan kepada seorang pengunjung website. Satu halaman website bisa saja mengandung beberapa impression (apabila halaman tersebut memiliki lebih dari satu unit iklan).

Merchant - Perusahaan atau organisasi yang berada pada sisi pembayar dalam hubungan affiliasi. Biasanya merchant adalah sebuah situs e-commerce yang memberi kompensasi bagi affiliatenya karena membawa pelanggan kepada mereka, namun dari segi pandang program affiliasi bentuk situs lain juga dapat dianggap sebagai “merchant”. Misalnya, perusahaan yang membayar untuk setiap pengunjung yang berlangganan free newsletter juga diperhitungkan sebagai “affiliate merchant” meskipun mereka tidak menjual produk.

Monetization - Jumlah pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah website atau laman web.

Opt-in - Opt-in adalah metode atas kesadaran sendiri untuk mendaftarkan seseorang untuk berlangganan newsletter atau mailing list. Dengan kata lain, seseorang harus secara aktif “memilih” untuk bergabung dalam mailing list dengan memasukkan alamat email mereka dalam formulir pendaftaran. Biasanya upaya membuat Opt-in mailing list disebut sebagai “permission marketing”.

Opt-out - Sebagai bentuk kebalikan dari Opt-in, Opt-out adalah metode untuk mendaftarkan seseorang untuk berlangganan newsletter atau mailing list bukan atas kesadaran sendiri. Perbedaan mendasar antara mailing list dan Opt-out adalah bahwa seseorang harus menyatakan “Saya ingin BERGABUNG” untuk masuk dalam mailing list Opt-in, namun mereka dimasukkan kedalam mailing list Opt-out tanpa atas kesadaran mereka, dan mereka harus menyatakan “Saya ingin KELUAR” agar mereka dikeluarkan dari daftar mailing list. Biasanya kita dimasukkan dalam mailing list Opt-out bila kita membeli sebuah produk (”Mereka telah membeli produk kami, maka mereka ingin bergabung dalam mailing list kami”).

Pageview – Jumlah halaman yang dilihat oleh seorang pengunjung saat berada pada sebuah website.

Search Engine Marketing (SEM) – Ini adalah tindakan membeli keyword (kata kunci) dari mesin pencari seperti Google atau Yahoo!. Pengiklan membayar dengan imbalan mereka akan mendapatkan posisi tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari.

Search Engine Optimization (SEO) – Ini adalah tindakan yang diambil untuk mengoptimalkan sebuah website untuk kata kunci (keyword) tertentu, sehingga apabila seorang pengunjung mencari melalui mesin pencari, maka website tersebut akan berada paling dalam daftar hasil pencarian.

Traffic Exchange – Dapat berupa pertukaran traffic di Internet termasuk pertukaran link (link exchange), pertukaran iklan (banner exchange), pertukaran foto, dan lain-lain. Prinsip dasarnya adalah anda mengirimkan seorang pengunjung ke website lain dengan imbalan kelak akan menerima kiriman pengunjung dari website tersebut. Bila anda bisa mengendalikan kapan seorang pengunjung berpindah dari website anda, pertukaran traffic akan menjadi alat yang ampuh. Saat mengikuti pertukaran traffic, waspada selalu karena banyak penyedia pertukaran traffic yang tidak jujur.

Two-tier program - Two-tier affiliate program menghargai affiliatenya dalam dua level, untuk dua jenis tindakan. Tier pertama menggunakan hubungan merchant-affiliate standar, yakni affiliate dibayar oleh karena memberi aksi berupa lead atau penjualan, dan Tier kedua memberi insentif bagi affiliate yang membawa affiliate lain bergabung dalam program mereka. Insentif yang diberikan kepada affiliate yang membawa affiliate baru adalah berupa persentase dari pendapatan affiliate baru tersebut. Kadang-kadang metode ini sering dianggap sebagai multi-level-marketing.

Web Publisher - Lebih umum dikenal sebagai website, ini adalah tempat dimana pengguna atau pengunjung datang dan melihat tampilan iklan.

Apa iitu Affiliasi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Share this post :

Program Affiliasi (juga dikenal sebagai program referral atau program partnership/ kemitraan) menawarkan sebuah cara untuk memanfaatkan traffic yang datang ke website anda untuk memberikan pendapatan (uang) bagi anda, tanpa perlu repot dan biaya untuk menjual sesuatu. Sebaliknya anda mendapat komisi karena telah menciptakan sebuah transaksi. Apa yang disebut “transaksi” dan berapa nilainya, berbeda untuk setiap program affiliasi.

Program Affiliasi umumnya ditawarkan oleh situs yang menjual barang atau jasa, walaupun ada juga yang menawarkan transaksi dalam bentuk lain, seperti misalnya dengan membawa pengunjung untuk mendaftar untuk berlangganan free newsletter, mengisi formulir, atau sekedar mengunduh sebuah screensaver.

Kebanyakan program affiliasi memberi komisi berdasarkan persentase pendapatan yang terjadi akibat pembelian dari pengunjung yang berasal dari website anda. Sebagai contoh, jika anda berpartisipasi dalam sebuah program affiliasi yang menawarkan komisi 10% dan anda mengirimkan seorang pengunjung yang membeli barang seharga $100, maka anda akan mendapat komisi sebesar $10. Besar komisi bervariasi mulai dari 1% (biasanya untuk barang mahal dari produsen terkenal) hingga 50% (biasanya untuk barang kecil seperti eBook,dll).

Sebagian program affiliasi menawarkan Pay-per-lead ketimbang Pay-per-sale – dengan arti kata, anda membawakan mereka calon pelanggan dan mereka membayar komisi yang besarnya telah ditetapkan, sebagai “imbalan” atas peluang yang mereka dapatkan untuk memasarkan barang/jasa bagi calon pelanggan tersebut. Praktek affiliasi model ini banyak diselenggarkan oleh industri asuransi dan kartu kredit.

Ada juga model affiliasi lain yang menawarkan pembayaran (dengan nilai yang sangat kecil) untuk setiap pengiriman pengunjung ke sebuah situs, atau pembayaran untuk setiap unit iklan yang tertayang (biasanya berupa banner atau iklan pop-up/pop-under). Program affiliasi demikian memberikan pembayaran tanpa memandang apakah seorang pengunjung berubah menjadi pelanggan mereka atau tidak.

Apabila anda bergabung dalam sebuah program affiliasi, anda akan diberikan sebuah URL (atau serangkaian URL) berformat khusus yang akan anda pergunakan untuk menciptakan link ke situs pemilik/provider program affiliasi tersebut. Hal ini akan memungkinkan provider affiliasi (bisa produsen barang/jasa, atau pihak ketiga atas nama produsen barang/jasa) untuk menelusuri traffic yang berasal dari website anda dan mencatat apabila ada tindakan (pembelian,pengisian form, dll) berlangsung.

Contoh Link Affiliasi

Amazon        Commission Junction        Etoro      Friend Finder        LiteForex.org      Marketiva

dan masih banyak lagi affiliasi-afiliasi yang lain yang memberikan income kepada kita yang mau mempromosikan produk mereka.